Jumat, 16 Oktober 2009

perkenalan tka/tpa al-mutmainnah

A. SELAYANG PANDANG

Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) merupakan lembaga non formal yang fungsinya sebagai proses pembelajaran dasar agama Islam bagi anak. Selain itu, TPA sebagai sarana untuk menanamkan dan menciptakan nilai-nilai dan ilmu pengetahuan kepada anak-anak. Hal ini membutuhkan kesabaran, keuletan dan kesinambungan yang tidak pernah berhenti. Pengelolaan terhadap TPA dilakukan oleh para ustadz/ah dengan memberikan materi agama sesuai kurikulum yang dibuat. Dalam pengelolaan tersebut, para ustadz/ah mengalami berbagai permasalahan seperti kurikulum, metode mengajar, tingkat pemahaman santri, fasilitas yang kurang mendukung,dan keterbatasan dana. Pengelolaan TPA masih bersifat tradisional dan cenderung menyesuaikan kultur masyarakat sekitar. Di samping itu, managemen pengelolaan yang belum optimal, keterbatasan dana, kurangnya partisipasi lingkungan dan masyarakat adalah fakta yang sangat memprihatikan dan itu semua dapat mengurangi keberadaan TPA. Memandang realita yang ada, maka lembaga TPA perlu adanya konsep awal dalam pembenahan dan pengelolaan, agar dapat diterapkan sesuai dengan kondisi masa sekarang ini. Sehingga target yang diharapkan dapat terwujud yaitu membentuk generasi Qur’ani yang berakhlaqul karimah.
TPA AL-Muthmainnah bediri pada tahun 1996 bertempat di masjid al-muthmainnah klitern lor GK III/364, pendiri dari TKA/TPA Al-Muthmainnah adalah dari jamaah masjid Al-Muthmainnah yang dikoordinir oleh para remakja masjid Al-muthmainnah, TKA/TPA Al-Muthmainnah sekarang sudah menempatai gedung yang baru pada tanggal 25 Mei 2008, hal ini sanggat membantu sekali demi kelangsungan kegiatan belajar megajar yang memadai. TKA/TPA Al-Muthmainnah telah mengalami bebrapa pasang surut dari santrinya, dan sekarang jumlah santrinya terbagi dalam 2 kelas, kelas TKA dan kelasa TPA. Untuk yang TKA berada di gedung yang baru sedangkan yang kelas TPA berada di masjid dan untuk bangunan yang diatasa dijadikan sebagai ruang perpustakaan dan ruang adminitrasi, dan juga ruang pemajangan bebrapa tropi prestasi yang diraih oleh para santri.

B. LANDASAN KEGIATAN

1. Firman Alloh SWT dalam Surat At Tahrim : 6
“ Wahai orang-orang yang beriman jagalah dirimu dan keluargamu dari siksa api neraka”
2. Sabda Nabi Muhammad SAW
“ Apabila telah mati anak Adam (manusia), maka akan terputuslah amalya kecuali 3 perkara : sodaqoh jariyah, Ilmu yang bermanfaat, Anak soleh yang mendo’akan ke 2 orang tuanya” (HR.Buhori Muslim).
3. Sabda Nabi Muhammad SAW
“ Sebaik-baiknya diantara kalian adalah mereka yang mau mempelajari Al-Qur’an dan mengamalkannya”.

C. VISI

“ Membentuk generasi yang Qurani”

D. MISI

1. Membentuk generasi Islam yang berwawasn luas dan membntuk sifat soleh yang berpegang teguh pada Al-quran dan sunnah.
2. Membentuk kepribadian yang Islami.

E. PENGERTIAN TKA DAN तपा

Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) merupakan lembaga non formal yang fungsinya sebagai proses pembelajaran dasar agama Islam bagi anak. Selain itu, TPA sebagai sarana untuk menanamkan dan menciptakan nilai-nilai dan ilmu pengetahuan kepada anak-anak. Hal ini membutuhkan kesabaran, keuletan dan kesinambungan yang tidak pernah berhenti. Pengelolaan terhadap TPA dilakukan oleh para ustadz/ah dengan memberikan materi agama sesuai kurikulum yang dibuat. Dalam pengelolaan tersebut, para ustadz/ah mengalami berbagai permasalahan seperti kurikulum, metode mengajar, tingkat pemahaman santri, fasilitas yang kurang mendukung,dan keterbatasan dana. Pengelolaan TPA masih bersifat tradisional dan cenderung menyesuaikan kultur masyarakat sekitar. Di samping itu, managemen pengelolaan yang belum optimal, keterbatasan dana, kurangnya partisipasi lingkungan dan masyarakat adalah fakta yang sangat memprihatikan dan itu semua dapat mengurangi keberadaan TPA. Memandang realita yang ada, maka lembaga TPA perlu adanya konsep awal dalam pembenahan dan pengelolaan, agar dapat diterapkan sesuai dengan kondisi masa sekarang ini. Sehingga target yang diharapkan dapat terwujud yaitu membentuk generasi Qur’ani yang berakhlaqul karimah.

KADER USTADZ/H



TQA



TPA




TKA



GAMBAR 1. JENJANG TKA, TPA, DAN टका


F. TUJUAN DAN TARGET

A. TUJUAN

TKA-TPA-TQA, bertujuan menyiapkan terbentuknya generasi Qur’ani, yaitu generasi yang memiliki komitmen dengan Al-Qur’an. Al-Qur’an dijadikan sebagai sumber perilaku, pijakan hidup dan tempat kembali segala urusan hidupnya. Hal ini ditandai dengan kecintaan yang mendalam terhadap al-Qur’an, mampu dan rajin membacanya, terus menerus mempelajari isi kandungannya, memiliki kemampuan yang kuat untuk mengamalkannya secara kaffah dalam kehidupan sehari-hari.

B. TARGET
Untuk target yang ingin dicapai, dibedakan menjadi dua, yaitu target pokok dan target penunjang. Target pokok adalah target yang harus dicapai yang dijadikan alat ukur keberhasilan kegiatan TKA-TPA dan kelulusan santri. Sedangkan target penunjang adalah yang sebaiknya tercapai.

Berikut ini, adalah rincian dari target pokok dan penunjang TKA, TPA, dan TQA.
1. Target TKA
Ø Target Pokok
a. Santri mampu, gemar dan rajin membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.
b. Hafal bacaan Shalat dan mampu mempraktikkannya.
c. Rajin berlatih melaksanakan wudlu’ dan Shalat lima waktu
d. Hafal 10 do’a sehsari-hari dan terbiasa mengamalkannya
e. Hafal 13 surat pendek dan juz ‘amma
f. Memiliki dasar-dasar Aqidah yang benar dan Akhlakul karimah
Ø Target Penunjang
a. Mampu menulis huruf Al-Qur’an
b. Hafal 2 kelompok ayat pilihan
c. Mengenal bahasa Arab tingkat dasar
d. Mengenal BCMI (Bermain, Cerita, dan Menyanyi Islami)

2. Target TPA
Ø Target Pokok
a. Santri mampu, gemar dan rajin membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.
b. Hafal bacaan Shalat dan mampu mempraktikkannya.
c. Rajin berlatih melaksanakan wudlu’ dan Shalat lima waktu
d. Hafal 10 do’a sehari-hari dan terbiasa mengamalkannya
e. Hafal 13 surat pendek dan juz ‘amma
f. Memiliki dasar-dasar Aqidah yang benar dan Akhlakul karimah

Ø Target Penunjang
a. Mampu menulis huruf Al-Qur’an
b. Hafal 2 kelompok ayat pilihan
c. Mengenal bahasa Arab tingkat dasar
d. Mengenal BCMI (Bermain, Cerita, dan Menyanyi Islami)

3. Target TQA
Ø Target Pokok
a. Khatam tadarus Al-Qur’an 10 juz pertama dengan baik dan benar
b. Hafal 10 do’a sehari-hari
c. Mampu menterjemahkan 8 kelompok ayat pilihan
d. Mampu menterjemahkan 10 doa sehari-hari
e. Hafal 10 surat dalam juz ‘amma
f. Mampu menterjemahkan 13 surat pendek
g. Memiliki dasar-dasar Aqidah yang benar dan Akhlakul karimah

Ø Target Penunjang
a. mampu menulis ayat-ayat Al-Qur’an
b. Hafal 2 kelompok ayat pilihan
c. Mengenal bahasa Arab tingkat dasar
d. Mengerti dasar-dasar Ilmu Tajwid dan irama murottal / Qiro’ah
e. Mampu menterjemahkan bacaan Shalat.
f. Memahami dasar-dasar Ulumul Qur’an
g. Mampu melakukan Shalat Sunat dan Shalat Jenazah

G. MATERI DAN पेलाजरण

Sesuai dengan target masing-masing jenjang yang telah dirumuskan, maka materi pelajarannya pun dibedakan menjadi materi pokok dan materi penunjang untuk masing masing jenjang pula.

A. Materi TKA
Ø Materi Pokok
1. Buku Iqro’ jilid 1-6 (dilanjutkan tadarus Al-Qur’an dengan mushaf Al-Waqfu wal Ibtida’)
2. Hafalan bacaan Shalat
3. Praktik Wudlu dan Shalat
4. Hafalan 10 do’a sehari-hari dan etikanya ( No. 1-10 )
5. Hafalan 13 surat pendek dalam Juz Amma ( An-Nas – At-Takatsur )
6. Hafalan 10 hadits / Mahfudhots Aqidah Akhlak ( No. 1-10 )
Ø Target Penunjang
1. Pelajaran menulis huruf Hijaiyah
2. Hafalan ayat Kursi dan surat Luqman ayat 12-15
3. Hafalan 100 kosa kata bahasa Arab (anggota tubuh, benda sekitar, bilangan, warna, dan lain-lain) ( Bhs. Arab I )
4. Pelajaran bermain , cerita dan menyanyi yang Islami

B. Materi TPA

Ø Materi Pokok
1. Buku Iqro’ jilid 1-6 (dilanjutkan tadarus Al-Qur’an dengan mushaf Al-Waqfu wal Ibtida’)
2. Hafalan bacaan Shalat
3. Praktik Wudlu dan Shalat
4. Hafalan 10 do’a sehari-hari dan etikanya ( No. 1-10 )
5. Hafalan 13 surat pendek dalam Juz Amma ( An-Nas – At-Takatsur )
6। Hafalan 10 hadits / Mahfudzot Aqidah Akhlak ( No. 1-10 )

Ø Target पेनुन्जंग

1. Pelajaran menulis huruf Hijaiyah
2. Hafalan ayat Kursi dan surat Luqman ayat 12-15
3. Hafalan 100 kosa kata bahasa Arab (anggota tubuh, benda sekitar, bilangan, warna, dan lain-lain) ( Bhs. Arab I )
4. Pelajaran bermain, cerita dan menyanyi yang Islami
C. Materi TQA
Ø Materi Pokok
1. Tadarus Al-Qur’an juz 1-30
2. Terjemah 8 kelompok ayat pilihan
3. Hafalan 7 Surat dalam Juz Amma (Al-Insyiqaq – An-Naba)
4. Terjemah 7 surat dalam juz Amma (Asy-Syam- Al-Buruj)
5. Pelajaran 30 Hadits / Mahfudzot Aqidah Akhlak ( No. 71-100 )
Ø Target Penunjang
1. Pelajaran menulis ayat Al-Qur’an
2. Hafalan surat Al-Isro’ ayat 23-17 dan Ali-Imran 102–104
3. Bahasa Arab IV
4. Pelajaran Ilmu Tajwid dan irama murottal/Qiro’ah
5. Pelajaran Sirah Nabawiyah II
6. Ulumul Qur’an III
7. praktek Sholat sunat dan sholat jenazah

H. WAKTU DAN MASA PENDIDIKAN

Masing-masing jenjang brlangsung selama 1 tahun, yang terbagi dlam 2 semester. Tiap semester ada pembagian rapot. Dengan demikian, pendidikan Al-Qur’an ini berlangsung selama 3 tahun, yaitu :
- Tahun pertama : TKA
- Tahun kedua : TPA
- Tahun Ketiga dan ke empat : TQA
- Tahun lima : Pengabdian
Untuk TKA, pembelajaran minimal 5 kali dalm 1 minggu, tiap pertemuan minimal 60 menit. Sedangkan untuk TPA dan TQA, pembelajarannya minimal 3 kali dalam 1 minggu, tiap pertemuan minimal 90 menit.


PROFIL LEMBAGA PENDIDIKAN TKA-TPA AL-MUTHMAINNAH
Nama : TPA AL-MUTHMAINNAH

Tahun Berdiri : 1996
Alamat : Masjid Al – Muthmainnah Klitren Lor GK III / 364 Yogyakarta 55222
e-mail : muthmainnahyogya@yahoo.co.id
Susunan Kepengurusan :

  • § Pelindung : Takmir Masjid Al-Muthmainnah
  • § Pembina : Muryanto, S.E
  • Suharmiyati, S.Pd
  • § Directur TKA/TPA : Apri Akhmadi
  • § Wakil Directur : Ahmad Zainal Machasin
  • § Sekretaris : Ali Farhan
  • § Bendahara : Hanifah Zul

SEKSI-SEKSI
  • Sie. Pendidikan : -Munika Zahra -Mega Nur P.A
  • § Sie। Humas : -Harming Setyawan -Husen
-Hafidz Zul
  • Sie. Minat dan Bakat : -Ahmad Jefri -Arum
-Syaneta E
  • Sie. Usaha Dana : -Adniya Mawaddati
-Rizka Ayu Ningsih


STRUKTUR KEPENGURUSAN TKA-TPA AL-MUTHMAINNAH

PELINDUNG :Ta’mir Masjid Al-Muthmainnah

PEMBINA
1. Muryanto. SE
2. Suharmiyati. S.Pd


SIE. MINAT BAKAT
1. Ahmad Jefri*
2. Syaneta E
3. Arum

DIRECTUR
1. Apri Akhmadi
2. Ahmad Zainal Mahasin

BENDAHARA
Hanifah Zul.

SEKRETARIS
Ali Farhan

SIE. HUMAS

1. Hafidz Zul*
2. Harming Setyawan
3. Husen

SIE. USAHA DANA
1. Adniya Mawaddati*
2. Rizka Ayu Ningsih

SIE. PENDIDIKAN
1. Munika Zahra. C*
2. Mega Nur P.A

Keterangan:
Tanda (*) Menunjukkan Koordinator Bidang



E. PRESTASI
Taman Kanak-Kanak Al-Qur’an – Taman Pendidikan Al-Qur’an (TKA-TPA) Al-Muthmainnah pernah memperoleh beberapa prestasi baik tingkat rayon (kecamatan) maupun tingkat kota. Dari beberapa prestasi tersebut antara lain :
1. Juara II Melukis FASI rayon Gondokusuman tahun 2003
2. Juara II Peragaan Sholat FASI rayon Gondokusuman tahun 2003
3. Juara I Sepak Bola antar TPA Se-kelurahan Klitren tahun 2004
4. Juara umum Jamboree TPA Se-kelurahan Kotabaru tahun 2005
5. Juara I Melukis Se-kecamatan Gondokusuman tahun 2007
6. Peringkat 3 (tiga) besar Munaqosah santri Se-kota Yogyakarta tahun 2007
7. Juara II Peragaan Sholat FASI rayon Gondokusuman tahun 2007
8. Juara III CCA FASI rayon Gondokusuman tahun 2007
9. Lomba Futsal anak TPA se rayon Gondokusuman pada festival peringatan hari Ulang Tahun Masjid Nurul Huda, 2008
10. Juara III Takbir keliling wilayah 5, Gondokusuman tahun 2008
11. dll
Sejak berdiri tahun 1996 – 2009, TKA-TPA Al-Muthmainnah telah meluluskan lebih dari 500 alumnus.



JADWAL KEGIATAN
TPA

Senin : -Hafalan Surat-Surat Pendek
Rabu : -PAI
Jum’at : -Hafalan do’a Sehari-hari (bacaan dalam sholat,
do’a berwudlu dll)dan Hadits-Hadits
Pendek/singkat



TKA

Senin : -PAI
Rabu : -Hafalan do’a Sehari-hari (bacaan dalam sholat,
do’a berwudlu dll)
Jum’at : -Hafalan Surat-Surat Pendek



PEMBAGIAN TUGAS USTADZ/USTADZAH



BERMAIN, CERITA, MENYANYI ( BCM )
  • Hanifah Zul
  • Munika Zahra
  • Suwandi
  • Arum


BACA / TULIS IQRO’ DAN AL – QUR’AN
  • Ali Farhan
  • Mega Nur
  • Ahmad Jefri


PAI : AQIDAH, AKHLAQ, FIQH, TARIKH
  • Apri Akhmadi
  • Adnia
  • Ane
  • Husen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Al-Muthmainnah

Al-Muthmainnah